Lupa Password? | Pendaftaran
Event's Info

1 Mei 2013
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB), DMI INDONESIA
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB) DMI PRIMAGAMA INDONESIA 2011 DIPERSEMBAHKAN BAGI INDONESIA Banyak hal yang bisa dilakukan untuk turut serta membangun ... detail

BERITA

Kamis, 1 November 2012, 11:56 WIB
MAN POWER PLANING

Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo
Direktur DMI PRIMAGAMA INDONESIA
 
INTRODUCTION
Yang membedakan manusia dengan yang bukan manusia banyak hal, namun dari yang banyak hal tersebut yang paling penting adalah perihal keahlian merencanakan hidupnya. Tumbuhan dan hewan tidak bisa merencanakan akan hidupnya dan masa depannya. Dengan akalbudinya manusia mampu melakukannya. Bagaimana hewan membuat rumahnya dan cara makannya, bagaimana cara berbusananya dan cara membuat makanannya semuanya serba tetap dan tidak berubah, sedangkan manusia sangat kreatif dan super dinamis. Karena semua manusia bisa merencanakan hidupnya, manusia yang paling sukses adalah manusia yang perencanaan hidupnya paling baik, rasional, realistis dan sesuai dengan potensinya. Direncanakan saja belum tentu sukses, apalgi jika tidak membuat perencanaan sama sekali. Untuk itulah mari kita rencanakan masa depan kita (dan anak-anak kita) dengan lebih baik lagi dan lebih dini. Lebih baik karena kompetisi hidup semakin kompleks dan dinamis. Lebih dini karena waktu terasa berjalan begitu cepat. Semakin dini maka akan semakin fokus, dan jika ditengah perjalanan ada yang kurang pas maka pembenahannya akan makin memiliki waktu yang relatif masih panjang untuk suatu perbaikan. Berikut ini adalah langkah membuat perencanaan masa depan guna mengukir peradaaban yang lebih mapan.
 
INDIVIDUAL DIFFERENCES
Setiap orang adalah unik, karena sangat uniknya itulah masing-masing kita berbeda-beda. Bereda karakternya, berbeda bidang pengabdiannya, berbeda hobinya, berbeda bakat dan minatnya dan berbeda pula prestasinya.
Karena setiap orang itu berbeda maka dalam pengembangan potensinya (bakatnya) cara yang paling efektif adalah dengan cara yang fokus yang sesuai dengan bakat uniknya itu. Anehnya sekarang ini pendidikan dibuat serba sama, semua anak dianggap sama dengan diberi serangkaian mata pelajaran atau mata kuliah yang serba sama pula. Anak-anak dianggap mempunyai bakat dan selera yang sama, sehingga semua dimasukkan dalam kelompok belajar yang selalu serba sama.
 
Untuk membedakan secara lebih cermat, maka bakat anak-anak kita sejak dini harus sudah dikenali. Menurut Prof. Howard Gardner, Ph.D., setiap manusia memiliki bakat, dan bakat antara anak yang satu dengan yang lainnya itu berbeda-beda. Tugas pendidikan adalah mengenbangkan bakat agar anak-anak bisa menjadi anak yang hebat. Ada delapan konsep kecerdasan yang digagas oleh beliau, antara lain, kecerdasan logic matemathics (logic smart), linguistic (word samart), intrapersonal (self smart), interpersonal (people samart), bodly kinestethic (body smart), visual spasial (picture smart), musical (music smart), naturalist (nature smart). Untuk mengetahui bakat unggul anak-anak kita ada dibidang apa, maka dibutuhkan alat bantu yang bisa kita gunakan yaitu dengan DMI Assessment berbasis fingerprint test. Alat ini dikembangkan oleh beberapa orang pakar teknologi komputer dengan merujuk teorinya Howard Gardner dan Francis Galton pakar antropologi dan psikologi. Biarlah setiap orang menjadi dirinya sendiri, dan diri itu adalah bawaan alami yang terus-menerus harus distimulasi dan diaktivasi agar memiliki kompetensi dan jati diri dalam mewujudkan prestasi.
 
ADDED VALUE
Dalam perencanaan hidup dan masa depannya, maka setiap orang harus memiliki nilai tambah, dan nilai tambah itu akan hadir jika dan hanya jika setiap orang memiliki ketrampilan dan keahlian yang juga berbeda-beda. Bagaimana mungkin seorang dokter membutuhkan dokter (menjadi mungkin karena berbeda spesialisasinya bukan?). Bagaimana mungkin seorang penjahit membutuhkan penjahit (menjadi mungkin jika volumenya diluar kapasitasnya bukan ?). Nah itu berarti nilai tambah akan menjadi suatu pelengkap jika setiap orang bangga akan keunggulannya masing-masing.
 
THE RIGHT MAN ON THE RIGTH PLACE
Orang yang benar harus ditempatkan pada tempat yang benar. Orang yang memiliki ketrampilan tertentu (karena berbeda-beda), maka harus ditempatkan pada tempat yang sesuai dengan bidang ketrampilannya itu. Dengan kita mengerti bakat unggul kita masing-masing, dan kemudian bakat unggul itu kita kembangkan maka proses pendidikan akan bisa dilalui semakin efektif dan efisien. Efektif karena akan lebih tepat sasaran dan efisien karena hemat waktu dan hemat biaya.
 
SUCCSESS
Sukses adalah impian banyak orang. Karena diimpikan oleh banyak orang itulah maka menimbulkan kompetisi yang ketat. Sukses adalah kata kerja, karena menuntut kita untuk selalu aktif, ia buka kata benda sebagai sesuatu yang sudah jadi dan stagnan. Sukses adalah kombinasi optimal antara bakat, minat dan cara hidup yang sehat. Puncak sukses adalah menjadi yang terbaik pada bisangnya. Dan sukses itu bukan tujuan tetapi konsekuensi logis atas sebuah perilaku dan kebiasaan yang produktif dan bermanfaat di setiap saat. Kenal bakat, belajar smart perstasi akan menjadi hebat. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
 

Komentar terkini (0 komentar)

Baca Komentar        Kirim Komentar


Pencarian Berita    
Kata Kunci




Online Support

Tech.Psikologi Lab

Teknis Fingerprint


Kantor Pusat DMIPrimagama
Ruko Permai Pogung Lor No. 2,3,4
Ring Road Utara, Yogyakarta
Telp (0274)625168
Email: info@dmiprimagama.com
Home | Profil | Berita | Produk | Artikel | Galeri Photo | Member | Kontak DMI PRIMAGAMA 2010, All right reserved