Lupa Password? | Pendaftaran
Event's Info

1 Mei 2013
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB), DMI INDONESIA
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB) DMI PRIMAGAMA INDONESIA 2011 DIPERSEMBAHKAN BAGI INDONESIA Banyak hal yang bisa dilakukan untuk turut serta membangun ... detail

BERITA

Senin, 24 Juni 2013, 10:57 WIB
Pendidikan Karakter Berbasis Bakat

Pendidikan Karakter :
Pendidikan karakter sangat dibutuhkan terhadap peningkatan mutu SDM di negeri ini. Tetapi tidak berarti perlu program baru dan anggaran baru atas kebutuhan pendidikan karakter tersebut. Hal tersebut hanya butuh reminding dan cara presentasi dari para guru / pendidik yang memang berhubungan dengan siswa secara langsung. Materi pendidikan sudah tersedia dengan lengkap selama ini, antara lain pelajaran tentang : bertutur kata yang baik dan benar sudah ada di Bahasa Indonesia; jiwa nasionalisme bela negara dan cinta tanah air sudah ada di PPKn; kejujuran, moral dan kebaikan sudah ada di pelajaran Agama.  Tugas dari pemerintah (kementerian pendidikan) hanyal mendorong dan melatih para guru agar teknik mengajarnya menarik dan menyenangkan para siswanya. Guru harus bisa membuat siswa senang dalam belajar dan mudah mencerna apa yang diajarkannya. Tidak sekedar hafalan semata, namun perlu juga pemahaman dan pembiasaan.
 
Pengembangan anak berbakat :
Tanpa mengabaikan semua siswa yang ada dalam sekolah, perlu juga diperhatikan pengembangan dan kemajuan anak-anak yang memiliki bakat khusus atau bakat yang menonjol. Banyak ditemukan dalam perjalanan sejarah keilmuan, sejarah penemuan dan sejarah kemajuan teknologi justru dilakukan oleh anak-anak berbakat yang tidak betah sekolah dan droft out namun malah bisa mengaktualisakan keberbakatannya. Ia mampu mengekspresikan potensinya secara maksimal menjadi prestasi yang tinggi dan mumpuni, sebut saja Einstein, Schoiro Honda, Hendry Ford, Chung Ju-Yung (Hyundai), Bill Gate, Steve Job semua itu orang-orang yang putus sekolah tetapi justru mampu menciptakan sesuatu yang baru yang bermanfaat bagi banyak umat, diakui dunia, dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi para sarjana yang judtru pendidikan formalnya sangat tinggi.
 
Pendidikan karakter berbasis bakat :
Adalah pendidikan yang menggabungkan antara kemampuan akademik seseorang dengan bakat alaminya serta pengembangan kepribadian yang berorientasi pada kebaikan moral. Orang bergelar tinggi berkarya tetapi tidak sesuai dengan bakatnya itu akan percuma. Orang berkarya tetapi cacat moral itu juga membuat orang lain sengsara. Tetapi jika keduanya “diformulasikan” menjadi satu-kesatuan yang utuh maka akan melahirkan generasi bangsa yang hebat luar biasa. Jika sakit perlu didiagnosa maka bakat perlu dideteksi. Bersekolah namun tidak kenal bakat, ibarat bersekolah tidak kenal penyakitnya. Bersekolah itu penting, tetapi mengenali bakat terlebih dahulu itu jauh lebih penting. Jika orang tidak tahu pelabuhan yang ia cari maka semua mata angin merupakan arah yang benar. Mari kita kenali bakat anak-anak kita melaui Tes Bakat Sidikjari DMI agar potensi diketahui dan bisa distimulasi menjadi suatu prestasi.
 
CP : Eko Yulianto : 085 328 012345 ; Bambang Hastobroto : 081 226 93277
Salam sukses selalu.
Yogyakarta, Rabu, 19 Juni 2013
M : 085 643 383838
 

Komentar terkini (0 komentar)

Baca Komentar        Kirim Komentar


Pencarian Berita    
Kata Kunci




Online Support

Tech.Psikologi Lab

Teknis Fingerprint


Kantor Pusat DMIPrimagama
Ruko Permai Pogung Lor No. 2,3,4
Ring Road Utara, Yogyakarta
Telp (0274)625168
Email: info@dmiprimagama.com
Home | Profil | Berita | Produk | Artikel | Galeri Photo | Member | Kontak DMI PRIMAGAMA 2010, All right reserved