Lupa Password? | Pendaftaran
Event's Info

1 Mei 2013
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB), DMI INDONESIA
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB) DMI PRIMAGAMA INDONESIA 2011 DIPERSEMBAHKAN BAGI INDONESIA Banyak hal yang bisa dilakukan untuk turut serta membangun ... detail

BERITA

Senin, 24 Juni 2013, 11:02 WIB
Kiat Memulai Bisnis

Ada banyak cara orang memulai bisnis. Berikut ini ada enam pertanyaan yang harus dijawab jika anda akan memulai bisnis. Bisa menjawab satu diantara enam pertanyaan tersebut berarti anda sudah bisa menentukan bidang apa yang akan digarapnya.

1.Apa yang saya bisa ?

Bisnis berbasis kompetensi, adalah bisnis yang dimulai dengan menjawab pertanyaan tersebut. Karena saya bisanya masak maka saya akan membuka rumah makan, membuka bisnis kuliner. Karena saya lulusan sekolak mekanik (STM Otomotif) maka saya akan membuka bisnis bengkel mobil, dst.

2.Apa yang saya suka (minat ) ?

Bisnis berbasis hobyy adalah bisnis yang dimulai karena kita suka. Dengan kita suka atau menyenanginya maka dalam menjalankan bisnis tidak akan terasa berat dan tanpa beban.

3.Apa bakat saya ?

Bisnis berbasis bakat. Menurut Teori Multiple Intelligence Howard Gardner dikatakan bahwa bakat bawaan itu ada delapan bidang yaitu : (1) Linguistic (Word smart), (2)Logic-matemathic (Logic smart), (3) Intrapersonal (Self smart), (4) Interpersonal (People smart), (5) Visual spasial (Picture smart), (6) Bodly kinestethic (Body smart),(7) Musical (Music smart), (8) Naturalis (Nature smart). Dari delapan bakat tersebut, manakah bakat anda yang paling menonjol, maka pilihlah bisnis sesuai dengan bakat anda tersebut. Jika anda belum mengenal dan belum yakin terhadap bakat anda selam ini, maka sekarang sudah ada Tes Bakat Sidikjari DMI, yang bisa menguak apa bakat anda yang sebenarnya. Info tentang DMI ada di www.dmiprimagama.com

4.Apa yang dibutuhkan mereka ?

Bisnis berbasis permintaan pasar (market oriented). Pasar senantiasa memiliki trend yang berbeda-beda. Pada hari lebaran bisnis baju, kue, tiket mudik, dll. Pada hari natal bisnis parcel, pohon cemara, dll. Pada tahun pelajaran baru bisnis baju seragam dan buku pegangan siswa, dll. Pada bulan puasa jual sarung, baju koko, makanan takjil buka puasa, dll. Musim buah-buahan menjual buah-buahan, dst.

5.Apa yang di sekitar kita bisa ?

Bisnis berbasis bahan baku yaitu membuka bisnis sesuai persediaan bahan baku yang ada di sekitar kita. Karena dekat gunung merapi dan disana banyak pasirnya maka buka bisnis jual pasir dengan mobil truk untuk bahan material membangun rumah, atau bisnis batako atau bis beton, dll. Karena dekat sungai yang persediaan airnya bagus, maka membuka bisnis peternakan ikan lele, ikan gurame, dll.

6.Siapa yang di sekitar kita bisa ?

Bisnis berbasis delegasi tugas yaitu membuka usaha atau bisnis hanya karena ada orang terampil atau memeiliki keahlian khusus namun belum bekerja kemudian kita ajak kerjasama untuk membuka bisnis sesuai dengan keahlian orang tersebut. Kita hanya support modal kerja atau ide bisnis, sementara mereka support tenaga ketrampilannya.

Tentu memulai bisnis bukan hanya berdasarkan enam pertanyaan tersebut, masih ada factor lain yang diperhitungkan misalnya, bagaimana bagi hasilnya (jika kita kerjasama), bagaimana cara penggajiannya, bagaiman cara memilih lokasi yang sesuai dengan bidang bisnis kita, dst.

Mohon maaf jika tidak berkenan, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu. Terimakasih.

Yogyakarta, Kamis, 20 Juni 2013

Teguh Sunaryo

085 643 383838

 

Komentar terkini (0 komentar)

Baca Komentar        Kirim Komentar


Pencarian Berita    
Kata Kunci




Online Support

Tech.Psikologi Lab

Teknis Fingerprint


Kantor Pusat DMIPrimagama
Ruko Permai Pogung Lor No. 2,3,4
Ring Road Utara, Yogyakarta
Telp (0274)625168
Email: info@dmiprimagama.com
Home | Profil | Berita | Produk | Artikel | Galeri Photo | Member | Kontak DMI PRIMAGAMA 2010, All right reserved