Lupa Password? | Pendaftaran
Event's Info

1 Mei 2013
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB), DMI INDONESIA
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB) DMI PRIMAGAMA INDONESIA 2011 DIPERSEMBAHKAN BAGI INDONESIA Banyak hal yang bisa dilakukan untuk turut serta membangun ... detail

BERITA

Senin, 24 Juni 2013, 11:14 WIB
Merencanakan Masa Depan

Secara garis besar perencanaan hidup manusia bisa dikategorikan dalam dua aspek penting, yaitu perencanaan hidup berbasis waktu (jangka panjang, menengah dan pendek), dan perencanaan hidup berbasis kepentingan atau visi (career plan dan financial plan).

Perencanaan Hidup Berbasis waktu :

Perencanaan ini berusaha menjawab pertanyaan, “Apa yang harus dilakukan pada saat” : (1) Anak usia pra-sekolah, usia sekolah dan usia pasca sekolah? (2) Mencari pekerjaan, mengembangkan pekerjaan, dan saat purna tugas? Hari ini, esok dan lusa? (3) Masa Anak-anak, remaja dan dewasa? (4) Usia dibawah 20 tahun, usia antara 21-40 tahun, dan usia 41 tahun keatas? Masing-masing kita pasti melewati itu semua. Hanya ada yang disadari (dengan perencanaan yang baik) dan ada yang belum /tidak disadari (tidak punya perencanaan yang baik). Dari beberapa pertanyaan tersebut setiap orang dapat menentukan kategori perencanaan jangka panjangnya, jangka menengah dan jangka pendeknya. Jadi kalau kita akan membangun rumah (fisik) saja perlu suatu perencanaan yang baik, terlebih terhadap perencanaan hidup bagi calon penghuninya.

Perencanaan Hidup Berbasis Visi :

Perencanaan ini berusaha menjawab pertanyaan, “Apa yang harus saya lakukan pada bidang” : (1) Pekerjaan (Career plan) dan (2) Keuangan (Finacial Plan).

Career Plan :

Eksistensi manusia terletak pada kemanfaatannya, ia dapat melakukan apa saja untuk kepentingan siapa saja. Sebaik-baik insan adalah yang paling banyak manfaatnya bagi insan lainnya, dan sebaik-baik manfaat adalah melalui berkarya yang positif yang berguna bagi siapa saja yang membutuhkannya. Ada bidang pekerjaan formal dan non-formal, ada juga bidang pekerjaan bisnis (profit oriented) dan non-bisnis (non-profit oriented atau social oriented). Masing-masing punya kelebihan dan kekuranggannya. Disarankan jika kita akan menentukan pilihan karier (Career Plan) harus mengenalai potensi diri terlebih dahulu, harus ada kesesuaian antara potensi diri dan orientasi, antara potensi inherent dengan visi ke depannya. Setelah kita menetapkan pilihan karier ke depannya, maka langkah berikutnya adalah menyiapkan ilmu yang sesuai dengan pilihan karier kita tersebut. Jangan sampai terjadi bahwa kariernya ingin masuk pada bidang computer tetapi sekolahnya (pendidikannya) malah pada bidang tata busana, dst. Sekarang ini banyak terjadi antara kariernya dan studynya tidak nyambung. Jika ini terjadi maka akan banyak kerugian yang kita alami antara lain rugi waktu, biaya dan tenaga, silahkan hitung besarnya kerugian tersebut, sungguh sangat besar secara financial dan lebih besar lagi dari aspek mental, imaterial dimana waktu tidak bisa diputar kembali, itulah penyesalan hidup yang sangat mendalam.

Financial Plan :

Dari berkarya (Career Plan) itulah kita akan mendapatkan imbalan berupa penghormatan atau kemuliaan (non profit) dan atau uang (Financial Plan) berupa gaji bulanan, upah harian, honor pekerjaan, budget proyek borongan dll. Imbalan tidak akan bermanfaat secara optimal jika tidak dikelola secara baik. Jangan besar pasak dari pada tiang (jangan boros). Belanjakan uang yang ada berdasarkan skala prioritas dan tepat guna. Gunakan uang yang ada untuk kebutuhan kesehatan, pendidikan, papan, sandang, pangan, lingkungan, agama dan sesama.

Kesemipulan :

Betapa senang dan bahagianya jika punya pekerjaan (Career) yang mapan dan penghasilan (Financial) yang besar. Mencari uang dengan cara yang baik (halal) itu lebih penting dari jumlah yang didapatkannya, dan jika sudah mendapatkannya maka cara membelanjakan yang baik (dijalan yang benar) itu merupakan bentuk rasa syukur kita pada Tuhan yang Maha Kuasa. Jika menginginkan hasil ekstra maka harus mau kerja ekstra. Tingginya cita-citamu harus sebanding dengan besarnya ikhtiarmu.

Mohon maaf jika tidak berkenan, dan salam sukses selalu. Terimakasih.

Yogyakarta, Kamis, 20 Juni 2013

Teguh Sunaryo

 

Komentar terkini (0 komentar)

Baca Komentar        Kirim Komentar


Pencarian Berita    
Kata Kunci




Online Support

Tech.Psikologi Lab

Teknis Fingerprint


Kantor Pusat DMIPrimagama
Ruko Permai Pogung Lor No. 2,3,4
Ring Road Utara, Yogyakarta
Telp (0274)625168
Email: info@dmiprimagama.com
Home | Profil | Berita | Produk | Artikel | Galeri Photo | Member | Kontak DMI PRIMAGAMA 2010, All right reserved