Lupa Password? | Pendaftaran
Event's Info

1 Mei 2013
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB), DMI INDONESIA
KERJASAMA USAHA BERJANGKA (KUB) DMI PRIMAGAMA INDONESIA 2011 DIPERSEMBAHKAN BAGI INDONESIA Banyak hal yang bisa dilakukan untuk turut serta membangun ... detail

BERITA

Selasa, 30 Juli 2013, 12:33 WIB
Parenting : Kenal Bakat Hidup Makin Fokus

Banyak pilihan dalam hidup ini, terkadang membuat bingung saat akan menentukan, terlalu mudah untuk pelarian saat kita gagal, dan membuat tertawa ketika ternyata pilihan kita terdahulu telah mampu mengantarkan pada kesusksesan yang diharapkan.
Bingung, karena belum terjadi dan tidak punya sandaran dalam pengambilan keputusan. Pelarian, karena ternyata kita merasa salah mengambil keputusan tanpa perencanaan. Tertawa, karena kesuksesan kita tanpa diprediksikan sebelumnya. Ketiga keadaan tersebut menceritakan kepada kita bahwa membuat perencanaan hidup itu begitu sulit. Kita tidak perlu berkecil hati karena bukan hanya kita saja yang mengalaminya. Namun tidak berarti bahwa hal tersebut harus dibiarkan begitu saja dan akan terjadi terulang kepada masa depan anak-anak kita. Jangan biarkan anak-anak kita menjalani hidupnya tanpa perencanaan yang lebih baik dari orangtuanya. Jadikan pengalaman terburuk yang pernah kita alami sebagai pelajaran yang tidak boleh terjadi pada junior kita. Dan harapan terbaik yang kita rindukan biarlah terwujud pada masa depan putra-putri kita. Sukses mereka adalah sukses kita juga, dan itu harus terus-menerus diupayakan tanpa jeda dan berputus asa.
 
Kenal Bakat
Bakat adalah potensi inheren yang dimiliki oleh setiap manusia sejak ia dilahirkan. Kita tidak bisa memilih bakat apa yang sebaiknya kita punyai, ia merupakan kodrat bawaan yang wajib diasah dan dikembangkan. Bakat adalah bahan baku utama yang dapat menentukan seseorang sukses pada bidangnya. Bakat tidak bisa berkembang hanya dengan ditunggu begitu saja tanpa sentuhan yang berarti. Dan sentuhan bisa berarti apabila ada kesesuaian dengan bakatnya. Ibarat kertas ia bersih dan siap di goreskan tulisan apa saja yang bermakna, dan jenis alat tulisnya wajib disesuaikan dengan jenis kertasnya. Jenis kertas yang berbeda (tebal-tipis, kasar-halus) menuntut alat tulis yang berbeda pula. Ibarat computer bakat adalah serangkain program (soft ware-windows program) yang menuntut peruntukan yang sepadan terhadap program yang ada. Menulis kata-kata berupa serangkaian kalimat, maka akan optimal jika dilakukan pada program MS-Word. Menulis angka-angka dalam table perhitungan dan perkalian, maka disarankan pada program excel. Menulis berupa gambar dan design yang paling tepat pada program coreldraw. Dan menulis untuk materi presentasi diletakkan pada program powerpoint. Seperti itulah sebaiknya anak-anak kita diperlakukan, jangan ada paksaan diluar potensi yang dimilikinya. Bakat adalah bagian potensi yang harus dikenali, diyakini, dan diberikan ruang untuk berkembang tanpa ada paksaan yang bisa mengakibatkan “program” nya error dan hasil kerjanya tidak maksimal. Banyak anak orang kaya yang berasal dari kalangan dokter, insinyur, sarjana hukum, pengusaha, pejabat, politikus, kiayi dan profesi lainnya, gagal dalam kariernya karena ada tekanan yang tinggi dari para orangtuanya dalam mengembangkan keberbakatannya. Mereka tidak menyadari itu sebagai hal yang serius, mereka beranggapan bahwa anak-anak bisa ditekan sebagaimana bawahannya di kantornya atau sebagaimana anak-buahnya dalam perusahaannya.
 
Aktivasi dan stimulasi melalui pendidikan dan pelatihan yang memadai
Jika bakat sudah dikenali maka berikan aktivasi melalui serangkaian pelatihan sampai ia menguasai dengan mahir terhadap suatu ketrampilan sesuai dengan bakatnya. Berikan stimulasi melalui proses pendidikan sampai anak memiliki kemandirian hidup dan kematangan jiwa sebagai bekal ketika ia kelak menjadi benar-benar dewasa. Berikan pengertian dan pengetahuan pada anak bahwa minat harus diselaraskan dengan bakatnya. Jangan mengedepankan minat yang sering berubah-ubah. Minat bagian dari nafsu yang sering dipengaruhi oleh lingkungan dan relative sulit untuk dikendalikan. Sedangkan bakat adalah potensi bawaan yang patut disyukuri kemudian dikembangkan. Arahkan minat sesuai bakat. Minat yang selaras dengan bakat akan menjadikan agenda belajar, atau agenda berlatih atau agenda bekerja menjadi lebih fokus, yang dapat mempercepat terwujudnya suatu prestasi yang terprediksikan.
 
Konsisten dan kontinyu hingga ia tumbuh menjadi pribadi yang matang dan bertanggungjawab
Setelah kenal bakat kemudian anak-anak berlatih atau sekolah, biasanya muncul rasa bosan. Itu tidak boleh dibiarkan berkelanjutan. Rasa bosan sering menjadi penyebab utama gagalnya suatu harapan menjadi kenyataan. Tumbuhkan rasa cinta anak terhadap proses yang sedang dijalani bahwa hal itu sangat berkorelasi dengan baik dan buruk masa depannya. Kebiasaan yang baik akan melahirkan prestasi yang baik, sehingga lakukan aktivasi dan stimulasi secara konsisten dan kontinyu. Konsisten terhadap bakat unggulnya dan kontinyu terhadap keberlangsungan proses berlatihnya. Sesungguhnya prestasi dan karier seseorang menggambarkan kebiasaan hidupnya. Tinggi-rendahnya hasil, baik-buruknya suatu hasil merupakan konsekuensi dari suatu proses yang berkualitas dan relevan dengan bakat dan zamannya, nah sudah tahukah bakat anda dan anak-anak anda ?
 

 

Komentar terkini (0 komentar)

Baca Komentar        Kirim Komentar


Pencarian Berita    
Kata Kunci




Online Support

Tech.Psikologi Lab

Teknis Fingerprint


Kantor Pusat DMIPrimagama
Ruko Permai Pogung Lor No. 2,3,4
Ring Road Utara, Yogyakarta
Telp (0274)625168
Email: info@dmiprimagama.com
Home | Profil | Berita | Produk | Artikel | Galeri Photo | Member | Kontak DMI PRIMAGAMA 2010, All right reserved